Blog Cover

Jurusan Ilmu Hukum

17 September 2019
  • Apa itu Ilmu Hukum?

Pada program studi Ilmu Hukum, para mahasiswa mempelajari segala sesuatu tentang hukum baik praktek ataupun teorinya. Hukum mengatur bagaimana manusia bertindak dan bertingkah laku supaya tidak merugikan orang lain. Belajar tentang hukum memang lebih banyak mendalami konsep dan teori, juga beberapa kasus hukum yang terjadi. Tetapi, pada akhir masa kuliah biasanya para mahasiswa jurusan Ilmu Hukum mendapatkan kesempatan untuk praktek di berbagai firma hukum, kejaksaan, atau pengadilan, sehingga teori yang telah dipelajari selama ini bisa dipahami relevansinya.

  • Kenapa Kamu Memilih Jurusan Ini?

Apabila kamu punya kepedulian terhadap hukum di Indonesia, maka program studi Ilmu Hukum bisa menjadi pilihan yang tepat. Memang, situasi hukum di Indonesia masih jauh dari ideal. Penyelewengan dan pelanggaran hukum masih sering terjadi. Meskipun lulusan sarjana hukum sudah banyak, tapi praktek hukum pada dasarnya masih lemah.

  • Mata Kuliah Jurusan Ilmu Hukum
  1. Pancasila
  2. Ilmu Negara
  3. Pengantar Ilmu Hukum
  4. Pengantar Hukum Indonesia
  5. Pengantar Ilmu Ekonomi
  6. Hukum Perdata
  7. Hukum Tata Negara
  8. Hukum Pidana
  9. Hukum Adat
  10. Hukum Internasional
  11. Hukum Dagang
  12. Hukum Acara Perdata
  13. Hukum Acara Pidana
  14. Hukum Harta Kekayaan
  15. Hukum Sarana Pemerintahan
  16. Hukum Pidana di Luar Kodifikasi
  17. Hukum Pajak
  18. Praktik Peradilan Perdata
  19. Hukum Agraria
  20. Hukum Islam
  21. Hukum Perdagangan Internasional
  22. Hukum Perjanjian Internasional
  23. Hukum Acara PTUN
  24. Hukum Pertanahan
  25. Hukum Lingkungan
  26. Filsafat Hukum
  27. Hukum Perburuhan
  28. Praktik Perancangan kontrak
  29. Praktik Peradilan Pidana
  30. Praktik Perancangan Peraturan Perundang undangan
  31. Praktik Penyelesaian sengketa alternatif (ADR)
  32. Metodologi Penelitian Hukum
  33. Etika dan Tanggung Jawab Profesi
  • Prospek Kerja Jurusan Ilmu Hukum

Setelah lulus dari prodi Ilmu Hukum, kamu akan mendapatkan gelar Sarjana Hukum (S.H), setelah itu kamu bisa memilih untuk berkarir sebagai hakim atau jaksa. selain itu kamu juga dapat memilih mau berkarir sebagai pengacara publik/swasta dan notaris. Untuk menjadi notaris, kamu harus melalui pendidikan kenotariatan terlebih dahulu. Selain profesi-profesi klasik tersebut, sebagai lulusan Ilmu Hukum kamu juga akan dibutuhkan di berbagai perusahaan sebagai legal staff atau di bagian personalia/HRD.

 

Hukum Perdata

Apa sih, hukum perdata itu?

Kurang lebih, hukum perdata adalah seperangkat/kaidah hukum yang mengatur perbuatan atau hubungan manusia/badan hukum perdata untuk kepentingan para pihak. Cuman, urusan antar manusia ini tanpa melibatkan kepentingan publik/umum/masyarakat yang lebih luas.

Misal; hukum perdata adalah hukum yang mengatur kontrak gimana pekerja terikat dengan perusahaan.

Selain itu, dalam konsentrasi hukum perdata, mata kuliah yang bakal pelajari ialah; pengembangan hukum keperdataan, hukum ekonomi, hukum pasar modal dan investasi, hukum perbankan, hukum HAKI, Contract Drafting.

Di konsentrasi ini, kamu bakal banyak belajar tentang hukum yang mengikat perjanjian dan kontrak. Kalau kamu bercita-cita ingin bekerja sebagai notaris atau pihak legal, kamu cocok banget mengambil pilihan konsentrasi ini.

Sebagai gambaran, mata kuliah yang akan kita temui dalam konsentrasi ini adalah:

  1. Hukum Keluarga dan Waris
  2. Hukum Perkawinan
  3. Hukum Perselisihan
  4. Perbandingan Hukum Perdata
  5. Hukum Adat dalam Perkembangan

Hukum Ekonomi

Hukum Ekonomi dikenal juga sebagai Hukum Dagang. Hukum ini mengatur aktivitas perdagangan, dong, ya. Kita bakal belajar banyak mengenai aspek hukum dan legal dalam aktivitas ekonomi.

Mata kuliah yang akan kita temui dalam konsentrasi ini adalah:

  1. Hukum Ekonomi
  2. Hukum Perusahaan
  3. Hukum Jaminan
  4. Hukum Ekonomi Internasional
  5. Hukum Penanaman Modal

Hukum Internasional

Hukum internasional ada karena adanya pengaruh globalisasi dan banyaknya wilayah-wilayah yang nggak terkena jangkauan perlindungan hukum suatu negara. Misal, gimana hukum penanganan buronan negeri A di negeri B.

Sebagai gambaran, mata kuliah yang akan kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:

  1. Hukum Organisasi Internasional
  2. Hukum Perjanjian Internasional
  3. Hukum Udara dan Ruang Angkasa
  4. Studi Kasus Hukum Internasional
  5. Hukum Laut Internasional

Hukum Pidana

Hukum pidana dapat diartikan sebagai hukum yang mengatur tentang kejahatan dan pelanggaran terhadap kepentingan umum. Perbuatan tersebut diancam dengan pidana yang merupakan suatu penderitaan.

Contohnya kayak hukum orang yang bunuhin orang, atau yang ngerampok, pokoknya hal-hal terkait dengan kriminalitas, deh.

Dalam konsentrasi hukum pidana, secara umum mata kuliah yang akan kita pelajari ialah; Hukum Pidana, Kriminologi, Kejahatan Korporasi. Kriminalistik, Victimologi dan Penologi.

Profesi yang berkaitan dengan advokat, jaksa, polisi, atau oditur militer.

Hukum HTN ( Hukum Tata Negara)

Konsentrasi Hukum Tata Negara (HTN) mempelajari aturan kenegaraan lebih ke aspek statis, alias pokok aturannya itu sendiri.

Kita bakal diajarin mengenai lembaga kenegaraan, konstitusi, sampai pembuatan undang-undang. Ini berkaitan banget dengan Mahkamah Konstitusi dan Dewan Perwakilan Rakyat.

Mata kuliah:

  1. Hukum Acara Mahkamah Konstitusi
  2. Hukum Kewarganegaraan dan Keimigrasian
  3. Kapita Selekta Hukum Tata Negara
  4. Hukum Konstitusi
  5. Perbandingan Hukum Tata Negara

Hukum Administrasi Negara

Hukum Administrasi Negara mempelajari tentang aspek-aspek dinamis dan “merakyat” dalam aturan kenegaraan, seperti pembangunan dan aparatur negara dari segi behavioral.

Contohnya, berkaitan dengan urusan penentuan tarif parkir, atau denda ketika ada orang yang merusak fasilitas publik, dan lain sebagainya

Sebagai gambaran, mata kuliah yang akan kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:

  1. Hukum Administrasi Negara di Daerah
  2. Hukum Perizinan
  3. Hukum Keuangan Negara
  4. Hukum Perencanaan dan Pengawasan Pembangunan
  5. Hukum Kepegawaian

Hukum dan Perkembangan Masyarakat

Hukum dan Perkembangan Masyarakat menitikberatkan pada sejarah hukum dan perkembangannya sesuai kehidupan masyarakat dari zaman ke zaman.

Bisa dibilang, konsentrasi ini kayak ‘ilmu murni’ dari hukum gitu. Kita bagai researcher dan pakar mengenai fenomena hukum yang berlangsung. Cocok, deh, buat kamu yang kepingin jadi dosen, peneliti, atau pengamat dalam bidang hukum.

Selain bakal ketemu sama banyak teori dan sejarah-sejarah hukum. Kita bakal mempelajari dinamika hukum yang terjadi di dalam masyarakat modern.

Sebagai gambaran, mata kuliah yang akan kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:

  1. Sistem Hukum Nasional
  2. Sejarah Hukum
  3. Antropologi Hukum
  4. Penafsiran Hukum
  5. Penemuan Hukum

Hukum dan Teknologi

Di konsentrasi ini, kamu akan belajar hal-hal seputar hukum yang menaungi media, teknologi informasi dan telekomunikasi, sampai Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI).

Di zaman sekarang, keterkaitan antara hukum dan teknologi sangat relevan banget buat dibicarain. Contohnya nih, ketika seseorang bikin status di facebook, terus ngehina ras tertentu.. itu bisa aja dituntut sebagai pencemaran nama baik.

Sebagai gambaran, mata kuliah yang akan kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:

  1. Hukum Perdagangan Secara Elektronik
  2. Hukum Telekomunikasi
  3. Hukum Penyelesaian Sengketa Hukum dan Arbitrase
  4. Hukum Media
  5. Studi Kasus Hukum Teknologi
  • Universitas Dengan Fakultas Hukum Terbaik
  1. Universitas Gajah Mada (UGM) – FH UGM
  2. Universitas Indonesia (UI) – FH UI
  3. Universitas Diponegoro (Undip) – FH Undip
  4. Universitas Padjajaran (Unpad) – FH Unpad
  5. Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) – FH UNS

 

 

Referensi :

https://medium.com/kepoinjurusan/di-hukum-belajar-apa-aja-ce98d25ded0d

https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/humaniora/ilmu-hukum

Share :

Rekomendasi Artikel